Home
Info
Sejarah...
Geografi...
Struktur Sosial...
Pemimpin Rakyat...
Pariwisata...
Bisnis...
Forum
Chat
Daftar Kata-kata
Daftar Buku
Links
Baca Buku Tamu
Teken Buku Tamu

Mohon bantu
dengan
sumbangan

Home >>Struktur Sosial >>Tulisan Minahasa

Tulisan Minahasa

Informasi Dasar



Sistem tulis Minahasa purbakala ialah Ideogramatis* dan tanggal asalnya tidak diketahui. Tulisannya horisontal dan dari kiri ke kanan
(Ideogramatis: Gambar atau simbol yang merupakan seorang, obyek atau ide, tetapi dengan gambar atau kalimat tetap. Sebagai contoh, tulisan Cina adalah ideogramatis).

Kata "Minahasa" artinya "konfederasi" atau juga "negara yang dibentuk melalui gabungan beberapa daerah". Minahasa merupakan grup etnis yang hidup di Sulawesi Timur Laut dan terdiri dari 8 suku.

Berlawanan dengan grup-grup etnis yang lain di Sulawesi, yang beragama Muslim, orang Minahasa beragama Kristen. Walaupun jumlah sangat sedikit yang buta huruf, orang Minahasa disebut "tolfuros", yang berarti "setengah-liar" atau "kejam". Mereka bicara berdasarkan bahasa malayu, tetapi bentuk mereka, secara fysik, lain dibanding dengan suku-suku bangsa lainnya di pulau itu; menurut beberapa sumber mereka mempunyai sifat yang khas Jepang. Menurut cerita itu mereka masuk dari bagian utara ke pulau ini.

Sangat sedikit diketahui tentang sistem tulis Minahasa. Hanya dua halaman dapat dipublikasi (gambar atas) dari manuscript Minahasa.

Sumber: http://www.proel.org/

 


2004 by Roderick. All rights reserved.write comments to: