Home
Info
Sejarah...
Geografi...
Struktur Sosial...
Pemimpin Rakyat...
Pariwisata...
Bisnis...
Forum
Chat
Daftar Kata-kata
Daftar Buku
Links
Baca Buku Tamu
Teken Buku Tamu

Mohon bantu
dengan
sumbangan

Home >>Profil >>Jessy Wenas

Profil: Jessy Wenas


Jessy Wenas

(Pencipta buku: "Sejarah & Kebudayaan Minahasa")

Jessy Wenas, seniman serbabisa kelahiran Tomohon 14 April 1939 dengan nama lengkap Jehezkiel Robert Wenas, semula lebih dikenal sebagai penggubah lagu pop Indonesia yang sangat produktif. Di antaranya ada sampai belasan - semisal Mutiara Yang Hilang (1968), Mengapa Tiada Maaf (1969), Diam-diam Jatuh Cinta (1971), Si Jago Mogok, Di Tepi Danau Tondano, dan lain-lain - yang menembus puncak blantika musik pop Indonesia. Lagu-lagu ciptaannya tersebar dalam sekitar 200 piringan hitam, belum terhitung yang kemudian diproduk melalui kaset.

Setamat sekolah lanjutan di Tomohon dan Bandung, menempuh studi kesenian di Departemen Senirupa Institut Teknologi Bandung (ITB), yang kemudian harus terhadang menyusul transisi politik di tanah air pada dekade 1960-an karena aktivitasnya dalam organisasi mahasiswa yang dikenal pro-Bung Karno. Bahkan Jessy yang kemudian tinggal di rumah Ibu Fatmawati harus menyaksikan betapa sebuah lagu ciptaannya dipakai untuk menumbangkan Presiden Sukarno, dengan mengganti syairnya.

Namun kepiawaiannya dalam bersenirupa tetap membuahkan karya. Jessy mengangkat kembali desain kain tenun Bentenan, yang sekarang dikenal luas sebagai corak khas Minahasa.

Mulai bergiat dalam penulisan kebudayaan sejak menjadi wartawan yang membidangi musik dan seni budaya pada akhir 1970-an. Selanjutnya, dalam lebih dua puluh tahun terakhir - melalui wadah Lembaga Kesenian Minahasa (Lemkim) Jakarta, Yayasan Kebudayaan Minahasa (YKM) Jakarta, group tari Kabasaran yang dipimpinnya sendiri, dan Institut Seni Budaya Sulawesi Utara serta gerakan revival Seni Budaya Sulawesi Utara yang diprakarsai Benny Mamoto - Jessy pun secara intens menekuni penggalian dan pelestarian seni budaya tradisional Minahasa.

 


2004 by Roderick. All rights reserved.write comments to: